Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

SOS RUCI Beri Edukasi Etika Batuk di Kunjungan Hari Lebaran

Seperti halnya pada tahun-tahun sebelumnya, Kader Kesehatan SOS RUCI kembali dipercaya untuk berperan serta dalam kegiatan kunjungan untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP) pada Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah, di Rutan Klas I Cipinang. Dalam kegiatan kunjungan khusus yang berlangsung selama 2 hari tersebut – tanggal 15-16 Juni 2018 – anggota SOS RUCI bertugas membantu kelancaran kegiatan, terutama di bidang kesehatan, dari pukul 08.00 sampai 17.00 setiap harinya.


Mengerahkan seluruh anggota yang ada, yaitu 3 regu – masing-masing 6 orang – dan 3 orang yang bertindak sebagai pengawas, SOS RUCI menempati 3 Pos yang sudah ditentukan. Pos 1 berada di area kedatangan kunjungan (Pintu 7), dengan tugas membantu petugas mengarahkan pengunjung pada lokasi yang sudah ditentukan. Pos 2 berada di depan gereja, yaitu area kunjungan di sepanjang taman dan gazebo, dengan tugas membantu petugas mengatur tempat untuk pengunjung. Sedang Pos 3 berada di ruang kunjungan utama (dalam gedung), dengan tugas membantu petugas mengatur alur kepulangan pengunjung.

Selain tugas tersebut, SOS RUCI sebagi bantuan tenaga kesehatan juga bertugas untuk mengantisipasi adanya pengunjung yang memerlukan bantuan kursi roda baik saat kedatangan maupun saat pulang, juga mengantisipasi adanya pengunjung yang sakit untuk diberi pertolongan pertama dan/atau langsung dibawa ke poliklinik untuk mendapat perawatan lebih lanjut. Untuk itu, dalam menjalankan tugas tiap regu SOS RUCI dibekali dengan obat-obatan ringan untuk pertolongan pertama, dan peralatan lapangan seperti kursi roda, tandu, dan alat vital sign.

Namun, seperti diungkapkan dr. Yulius N. Sumarli – Pimpinan SOS RUCI sekaligus Koordinator Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang – saat melakukan briefing di sela tugas SOS RUCI di hari pertama, bahwa, “Moment ini adalah saat yang tepat bagi SOS RUCI untuk memberikan edukasi pada pengunjung, utamanya masalah penyakit Tuberkulosis (TB). Baik penyebab, gejala, pencegahan maupun pengobatannya. Karena ini adalah kesinambungan dari program penanggulangan penyakit TB di lingkungan Rutan dan Lapas, berupa skrining batuk yang sebelumnya telah dilakukan pada pengunjung, baik pada Lebaran tahun silam maupun saat hari TB Sedunia bulan Mei lalu.”

Dan itu langsung ditindaklanjuti oleh SOS RUCI dengan melakukan pemberian masker pada pengunjung yang sedang batuk pada saat kunjungan disertai sedikit penjelasan tentang etika batuk dan bahaya penyebaran penyakit TB. Sampai hari ke-2 berakhir, masker yang sudah dibagikan adalah sebanyak 168 buah.

***

Foto-foto kegiatan:


























About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.