Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

Praktek Evakuasi Bencana Gempa Bumi Untuk Antisipasi Bencana di Rutan Cipinang


Sebagai kelanjutan dari Pelatihan Penanggulangan Bencana & Medical Evacuation Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas I Cipinangyang diadakan pada Jumat, 6 Juli 2018 – pada hari Sabtu, 14 Juli 2018 dilakukan kegiatan lanjutan berupa latihan praktek lapangan.

Sesuai urutan yang ditetapkan pada pelatihan teori, maka untuk latihan praktek lapangan yang mendapat kesempatan pertama adalah materi dasar Evakuasi pada Bencana Gempa Bumi, dengan instruktur Bapak Suryadi (Badan Nasional Penanggulangan Bencana). Materi ini kelanjutan dari pelatihan teori yang sudah diberikan sebelumnya dengan judul Tugas dan Kewajiban Relawan dalam Medan Bencana.

Pada latihan praktek yang diikuti oleh 18 Anggota SOS RUCI, dengan mengambil tempat di Lapangan Olahraga Blok Sahardjo (Tipikor) Lantai 1, para peserta dikenalkan tata cara evakuasi yang harus dilakukan tenaga kesehatan – baik sebagai individu maupun tim evakuasi – agar bisa seminimal mungkin menghindarkan jatuhnya korban yang diakibatkan bencana gempa bumi tersebut.

Dimulai dari mitigasi – yaitu serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui persiapan fisik maupun kemampuan menghadapi ancaman bencana – sampai menyiapkan jalur evakuasi dan penyelamatan korban ke tempat yang dianggap lebih aman.

Latihan yang dimulai pukul 14.00 sampai 15.30 Wib tersebut dilakukan dengan serius, meski sesekali diselingi dengan gurauan kecil agar peserta tidak terlalu tegang dalam menjalani beberapa simulasi apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana gempa bumi.

Pelatihan diakhiri dengan sesi simulasi menolong korban dengan kondisi yang berbeda-beda, seperti korban mengalami shock, terjadi luka terbuka (patah tulang), wanita yang sedang hamil, dan juga para korban yang sudah lanjut usia yang perlu penanganan khusus.

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.