Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Berita

Pelatihan Tanggap Bencana dan Evakuasi Medis untuk Kader Kesehatan


Penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan untuk mengurangi resiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Dan dalam rangka tanggap bencana tersebut, Rutan Klas 1 Cipinang melakukan upaya penanggulangan bencana sesuai dengan Undang-undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dengan mengadakan pelatihan sehari.


Pelatihan dilaksanakan pada hari Jumat, 6 Juli 2018, bertempat di Aula lantai 2 Gedung 3 Rutan Klas 1 Cipinang. Untuk tahap awal, dilakukan pelatihan penanggulangan bencana dan evakuasi medis bagi Kader Kesehatan SOS RUCI.

Pelatihan diberikan bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Pemprov DKI dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk pelatihan keahlian penanganan bencana.

Materi diberikan dalam 5 sesi dengan pokok bahasan yang berbeda, yaitu:
1.      Tugas dan Kewajiban Relawan dalam Medan Bencana
2.      Mengenal Jenis Bencana Kebakaran dan Cara Penanggulangannya
3.      Evakuasi Bencana Kebakaran pada Gedung Bertingkat
4.      Persiapan & Kesiapan Kader Kesehatan dalam Menghadapi Bencana
5.      Pertolongan Pertama & Evakuasi Korban pada Medan Bencana

Pelatihan yang berlangsung pukul 08.00 sampai 11.45 Wib tersebut diberikan secara teori dan praktek, dengan salah satu tujuannya adalah untuk antisipasi bencana kebakaran, gempa bumi, kerusuhan dan evakuasi medis.

Sedang secara khusus, tujuan pelatihan yang diikuti oleh 24 anggota Kader Kesehatan SOS RUCI tersebut adalah untuk mengurangi atau menghindari kerugian secara fisik, ekonomi maupun jiwa serta mengurangi penderitaan korban bencana yang sewaktu-waktu bisa jadi akan dialami oleh Rutan Klas I Cipinang.

Ini senada dengan apa yang disampaikan sekaligus harapan Kepala Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang, dr. Yulius N. Sumarli, disela-sela acara pelatihan, “Semoga dengan pelatihan yang diberikan ini Rutan Klas I Cipinang mampu mengatasi berbagai keadaan bencana yang mungkin akan terjadi dikemudian hari,” ungkap dr. Yulius, yang juga Pimpinan SOS RUCI ini.

*** 



Foto Kegiatan Pelatihan































































About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.