Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Berita

Pengobatan Massal Untuk WBP Yang Menderita Penyakit Scabies


Mengacu data Klinik Rutan Klas 1 Cipinang tahun 2017 – berdasar pasien berobat regular selama satu tahun – penyakit scabies, menduduki urutan ke-2 daftar penyakit terbanyak yang diderita warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Cipinang, setelah penyakit pernafasan.


Kalau diprosentase, mencapai 26% dari total pasien yang berobat di klinik, selama tahun 2017. Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan penyakit ini banyak diderita warga binaan pemasyarakatan (WBP), yang salah satunya adalah lingkungan blok hunian yang kurang memenuhi syarat pola hidup sehat.

Upaya yang efektif untuk mengurangi penyebarannya tentu saja dengan memberikan pemahaman melalui penyuluhan dan pendekatan persuasif melalui kader kesehatan SOS RUCI, agar WBP juga mulai membiasakan untuk menerapkan pola hidup sehat, minimal memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya.

Dan sebagai bentuk aplikasinya, pada hari Sabtu, 23 dan 30 Juni 2018, kader kesehatan SOS RUCI – didampingi dr. Tunggul P. Sihombing (Tenaga Ahli SOS RUCI) – melakukan pengobatan massal penyakit kulit untuk WBP, pukul 09.00 - 11.30 Wib.

Kegiatan yang mengambil tempat di Gazebo Rutan Klas 1 Cipinang itu, dalam 2 kali pelaksanaan berhasil mengobati 28 orang WBP, baik yang menderita penyakit scabies ringan maupun yang kategori berat (basah).

Selain dibersihkan lukanya sesuai prosedur dan tata cara medis – WBP juga diberi obat dan salep kulit – kader kesehatan SOS RUCI yang berjumlah 20 orang juga memberikan penyuluhan tentang pola hidup sehat, 30 menit sebelum kegiatan dimulai.

Sesuai program yang telah disusun, kegiatan ini akan menjadi program rutin tiap akhir pekan kader kesehatan SOS RUCI.

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.