Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Profil

dr. Yulius N. Sumarli (Koord. Klinik Pratama Rutan Cipinang)

dr. Yulius N. Sumarli:

Hidup adalah Pilihan …


Bagi dr. Yulius, yang kini berusia 40 tahun – lahir di Jakarta, 14 Desember 1975 – kesibukan yang amat menyita waktu adalah sebuah konsekuensi yang harus dihadapi dalam menjalankan aktivitas profesi dan pekerjaannya. Awalnya, ada ‘protes’ dari keluarga dokter yang hobi bermain sepakbola ini. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, “Mereka dapat memahami tugas dan tanggungjawab saya sebagai seorang dokter yang bekerja di Rutan,” ucap dr. Yulius, yang masih aktif sebagai Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Timur, dan juga Ketua Tim PPM TB Jakarta Timur.

            Nyatanya, meski punya aktivitas yang se-abreg, toh dokter yang tinggal di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang ini masih punya waktu untuk nonton bioskop bersama keluarga, jika ada waktu senggang. Bahkan, traveling – hobi lain dari dr. Yulius – juga masih tetap berjalan. Dan secara kebetulan, hobi ini didukung oleh tugas yang berhubungan dengan profesinya, yang harus melakukan perjalanan dinas seminar atau konferensi ke beberapa kota di luar negeri. Seperti saat mengikuti 44th The Union Conference in Paris (Perancis), atau juga yang baru-baru ini dijalani yaitu 5th The Union Asia Pacific Region Conference in Sydney (Australia).

            Sejalannya hobi dengan aktivitas pekerjaan yang menumpuk ini, bisa sinkron karena dr. Yulius punya cara khusus mengaturnya, yaitu, “Tidak menunda pekerjaan dan menyelesaikan pekerjaan sesegera mungkin,” papar dokter yang mengaku tidak punya binatang peliharaan di rumah ini, sedikit membuka rahasianya.

            Sebagai catatan, dr. Yulius N. Sumarli, SH. – begitu nama lengkapnya, saat ini menjabat sebagai Koodinator Klinik Pratama Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang, dengan pangkat Pembina, golongan IVa. Berbagai penghargaan, yang berhubungan dengan profesi dan jabatannya, telah diraihnya, beberapa diantaranya adalah sebagai Pegawai Teladan dan yang berhubungan dengan penyakit TB

Adapun penghargaan lain yang pernah didapat:

Pegawai Teladan dari Rutan Klas I Cipinang, tahun 2013
Ketua Public Private Mix (PPM) TB Jakarta Timur, dari Walikota Jakarta timur
Fasilitas pelayanan kesehatan terbaik dalam pengendalian penyakit TB di Jakarta Timur, dari Walikota Jakarta Timur
Pegawai Teladan dari Menteri Hukum dan HAM RI, tahun 2015

            Kini, dengan mengambil semangat dari semboyan ‘KAMI PASTI” yang dicanangkan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia RI baru-baru ini, dr. Yulius mengajak seluruh staf medis dan paramedis di Klinik Pratama untuk selalu menunjukkan semangat bekerja dan memberi pelayanan yang semaksimal mungkin dalam segala keterbatasan yang ada. Dan dr. Yulius juga optimis, bahwa Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang akan terus lebih baik lagi, terutama dalam memberikan layanan kesehatan yang optimal bagi seluruh warga binaan pemasyarakatan maupun petugas dan keluarganya.

            Yang pasti, saat ditanya tentang motto hidupnya, dr. Yulius dengan mantap menyebutkan, “Hidup adalah pilihan. Pilihan terbaik dalam hidup kita adalah waktu kita mengijinkan Tuhan memilihkan jalan terbaiknya untuk kita.”


Ya, sebuah pilihan terbaik tentunya.


About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.