Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

Kontak Investigasi Guna Pencegahan Penularan Infeksi TB di Blok Mapenaling


Menindaklanjuti ditemukannya salah satu warga binaan di Blok Mapenaling (Masa Pengenalan Awal Lingkungan, untuk tahanan baru) yang positif mengidap penyakit TB dan mengantisipasi agar tidak menyebar pada warga binaan lainnya, maka Kader Kesehatan SOS RUCI mengadakan kontak investigasi dan PPI (Pencegahan Penularan Infeksi) TB di blok Mapenaling pada hari Jumat, 20 Juli 2018.

Kontak investigasi yang diadakan pada pukul 20.00 sampai 21.00 Wib, menyasar warga binaan pemasyarakatan yang menderita batuk 1 minggu atau lebih selama di Mapenaling, dan 2 minggu atau lebih diakumalasi dengan batuk yang diderita sebelum masuk Mapenaling.

Dan hasilnya, ditemukan 21 WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan) terduga TB dari 267 orang yang menghuni Blok Mapenaling, dan semuanya diberikan masker serta dilakukan pemisahan ke ruang isolasi suspect TB untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Mengacu pada standar prosedur yang ada, apabila ditemukan WBP dan tahanan yang mengidap penyakit TB aktif, penting untuk mengetahui apakah penyakit ini telah menular ke orang lain di sekitarnya.

Dan kader kesehatan SOS RUCI Rutan Klas I Cipinang  akan melalukan kontak investigasi yaitu suatu penyelidikan apakah penyakit ini telah menular kepada orang lain dengan melalukan skrining batuk.

Setiap WBP dan tahanan yang mengalami batuk yang pernah berhubungan dalam jangka waktu tertentu dengan penderita TB sebelumnya, akan dilakukan skrining batuk dan pemeriksaan Test Cepat Molukuler (TCM) untuk menenggakkan diagnosa TB. Selain itu, akan dilakukan pemeriksaan aliran udara di sel atau blok di mana para WBP dan tahanan itu biasa berada.

Diharapkan melalui upaya preventif yang dilakukan Kader Kesehatan SOS RUCI – seperti kontak investigasi yang dilakukan diatas – dapat mencegah penularan TB dan memberikan layanan kesehatan yang optimal bagi WBP dan tahanan Rutan Klas I Cipinang.

*** 


Foto Skrining Massal Batuk di Blok Mapenaling


























About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.