Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

Memerangi Kucing, Antisipasi Penyebaran Penyakit

Sebagai bagian dari penjabaran 5 (lima) Pilar Tugas SOS-RUCI, yang salah satunya adalah Duta Lingkungan, maka pada bulan Desember 2016 tim SOS-RUCI mengadakan pendataan populasi binatang kucing yang ada di lingkungan Rutan Klas 1 Cipinang. Pendataan dilakukan karena populasinya sudah mulai mengganggu lingkungan, terutama blok hunian warga binaan. Dari pendataan yang dilakukan selama sehari penuh, tercatat 135 ekor kucing berkeliaran di 4 blok yang ada di lingkungan Rutan.


Bak gayung bersambut, Kepala Seksi Layanan Tahanan (Kasie Yanta) Rutan Klas 1 Cipinang, Rachmad Mintardja, juga mempunyai pandangan yang sama tentang perlunya tindakan lebih lanjut atas makin besarnya populasi kucing yang ada. Sehingga, pada hari Kamis, 23 Februari 2017, Pak Rachmad menginstruksikan penangkapan kucing-kucing yang ada di lingkungan Rutan Cipinang. “Ini bertujuan untuk membuat lingkungan kita lebih sehat, baik dari segi polusi udara dan lingkungan yang disebabkan banyaknya tebaran kotoran kucing, juga antisipasi timbulnya penyakit yang disebabkan oleh binatang tersebut,” ujar Pak Rachmad, yang ikut turun dan mengawasi langsung di lapangan.

Sebagai pelaksana, Kasie Yanta menugaskan Tamping Pramuka dan Relawan Kesehatan SOS-RUCI untuk turun secara serentak menangkap kucing yang berkeliaran di setiap blok hunian. Dibagi menjadi 4 regu, masing-masing regu mencari dan menangkap kucing – dan dimasukkan ke dalam karung – yang ada di Blok Amazone, Blok Barito, Blok Citarum, dan Blok Tipikor. Setelah hampir 3 jam menjelajah semua blok hunian warga binaan dan juga taman serta area umum seperti kantin dan ruang kunjungan, akhirnya seluruh regu berhasil menangkap 81 ekor kucing, untuk selanjutnya dipindahkan ke tempat yang sesuai dengan populasi kucing tersebut.

Mengenai masih adanya kucing yang belum tertangkap, Pak Rachmad akan tetap menindaklanjuti dengan program yang sama, “Tetapi kita lihat dulu perkembangannya, apakah masih mengganggu atau tidak. Yang penting saat ini lingkungan kita sudah menjadi lebih bersih, lebih segar dan lebih sehat,” ungkapnya, seusai pelaksanaan kegiatan yang berakhir jam 11 siang.


Secara terpisah, dr. Yulius N. Sumarli – Koordinator Klinik Pratama Rutan Klas 1 Cipinang – menyambut antusias kegiatan penangkapan kucing yang berkeliaran di lingkungan Rutan Cipinang. “Memang ini menjadi tugas kita bersama dalam meminimalisir munculnya penyakit-penyakit yang ditimbulkan oleh hewan, termasuk kucing ini. Kedepannya, kita juga perlu melakukan penyuluhan bersama-sama pada warga binaan, agar selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya. Salah satunya, dengan cara lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungan, utamanya kamar dan blok masing-masing,” ujar dokter yang juga Pimpinan SOS-RUCI itu.

***


















About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.