Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Profil

dr. Juwita Barus: Memberi Layanan yang Terbaik

Bagi yang sering berobat ke Klinik Pratama Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang, setidaknya dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, pasti sudah tidak asing dengan Bu Dokter yang satu ini. Ya, dengan penampilan yang kalem dan terkesan tidak banyak bicara, dokter Juwi – begitu biasa dipanggil – justeru menjadi ‘banyak bertanya’ begitu melayani pasien. Ini yang menjadi ciri khasnya.


Sebagai dokter umum di Rutan Klas I Cipinang, dr. Juwita Barus – ini nama panjangnya – memang mempunyai jadwal rutin melayani pasien yang berobat di Klinik Pratama, sejak Desember 2009. Sehingga, dalam memberi layanan pada pasien warga binaan, sangat faham bagaimana harus menghadapi berbagai karakter pasien. Salah satunya, dengan banyak menggali informasi seputar penyakit pasien tadi.

Memang, menghadapi berbagai karakter pasiennya, bagi dr. Juwi awalnya bukanlah hal mudah. Tetapi, “Semua itu perlu cara dan proses untuk memahami. Dengan prinsip bahwa dokter di Rutan ini adalah melayani, akhirnya saya bisa menjalankan tugas keseharian dengan lancar dan tanpa hambatan,” jelas dokter yang saat ini sedang hamil anak ke-2. Lagipula, lanjut dr. Juwi, “Di Klinik Pratama kita kerja tim dengan dokter-dokter yang lain, hal inilah yang membuat suasana kerja jadi lebih menyenangkan.”

Meski pada bulan Desember 2015 dr. Juwi memperoleh kenaikan jenjang pangkat (golongan), toh ini tidak dianggap sebagai beban dalam menjalankan aktivitas pekerjaannya. Justru, “Ini sebagai motivasi dan penambah semangat kerja. Dengan frekuensi pekerjaan yang sama dan sudah terprogram, kita harus mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya,” papar dokter yang tidak buka praktek diluar, selain menjadi dokter di Rutan Klas I Cipinang. Mengenai hal ini, dr. Juwi mengambil sisi positifnya, yaitu, “Saya jadi punya banyak waktu untuk keluarga dan aktivitas lain diluar profesi dokter.”

Selain jadwal rutin melayani pasien berobat, ada satu aktivitas lain yang diemban dr. Juwi di Klinik Pratama, yaitu sebagai dokter Care Support Treatment (CST) untuk program HIV di Rutan Klas I Cipinang. Dan tentu saja banyak suka dan duka yang dialami dengan aktivitasnya ini. Misalnya, “Kadang ada perasaan kesal juga kalau pasien yang menjalani terapi tidak mau menjalankan dengan benar apa yang kita sampaikan,” ungkap dr. Juwi. Namun demikian, dengan kesabarannya, “Kalau mood-nya bagus, kita kasih motivasi lagi, karena memang mereka harus minum obat seumur hidupnya,” lanjutnya.

Sedang pengalaman yang paling berkesan, yang setidaknya membuat dr. Juwi merasa senang dan selalu teringat, adalah kejadian awal menjadi dokter CST di Klinik Pratama. Ceritanya, ada satu pasien HIV yang sudah masuk stadium 4, yang kondisinya memprihatikan dan lumpuh. Ternyata, setelah menjalani terapi beberapa waktu, “Pasien tersebut lambat laun bisa berjalan dan tidak lumpuh lagi, sampai meninggalkan Rutan Cipinang. Kalau tidak salah pasien tersebut bernama Ayung. Saat itu saya merasa senang banget” kenangnya.

Tentu, kenangan tersebut adalah bagian kecil dari perjalanan dr. Juwita Barus sebagai dokter umum di Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang. Masih banyak tugas-tugas yang harus dijalani dokter kelahiran tahun 1981 ini kedepannya. Paling tidak, dengan motto “Melayani dan memberi yang terbaik”, dr. Juwi berharap tidak akan kesulitan dalam menjalankan aktivitas keseharian di hari-hari mendatang. Maju terus, dokter! 

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.