Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

Antisipasi Demam Berdarah, SOS RUCI Mengadakan Fogging

Untuk menambah bekal pengetahuan dan kemampuan anggota SOS RUCI, pada hari Jumat, 26 Januari 2018 – sesuai agenda dan program kegiatan organisasi SOS RUCI tahun 2018 – diadakan Pelatihan Fogging, dengan mengambil tempat di Aula KAM Lantai 2 Gedung II Rutan Klas I Cipinang. Acara yang dimulai tepat pukul 08.00 Wib diikuti oleh seluruh anggota SOS RUCI yang berjumlah 22 orang dan 3 orang Tamping Poliklinik.

Dalam sambutan pembukaan, dr. Yulius N. Sumarli, Pimpinan SOS RUCI sekaligus Koordinator Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang, menjelaskan bahwa sebagai kader kesehatan sudah seharusnya anggota SOS RUCI tidak hanya memahami secara teori semata tentang pengasapan (fogging) yang bertujuan untuk mengantisipasi munculnya wabah demam berdarah. “SOS RUCI juga harus bisa mengoperasikan peralatan fogging, mengerti dan faham lokasi seperti apa yang harus menjadi prioritas pengasapan, dan itu bisa dikuasai dengan praktek langsung,” papar dr. Yulius.

Lebih lanjur dr. Yulius menguraikan, “Ini saat yang tepat untuk melakukan program fogging, karena beberapa waktu belakangan ini sudah kita temukan beberapa warga binaan yang berobat ke poliklinik dengan tanda-tanda mengarah pada dugaan demam berdarah. Kita harus antisipasi, tidak perlu menunggu ada korban terlebih dahulu baru mengadakan tindakan. Kalau kita bisa melakukan lebih awal, segera dan secepatnya dilaksanakan. Dan itu salah satu tugas SOS RUCI”

Sementara itu, Bapak Widodo, Koordinator Tim dari Mutiara Fogging – perusahaan yang bergerak di bidang jasa fogging khusus gedung perkantoran dan apartemen di wilayah Jabodetabek – yang mensupervisi kegiatan training, praktek lapangan dan penyedian peralatan, mengungkapkan rasa bangga dan senang bisa bekerjasama dengan Rutan Klas I Cipinang khususnya Klinik Pratama dan SOS RUCI, “Ini bagian dari rasa kepedulian kami untuk bersama-sama memberikan layanan kesehatan di masyarakat,” ucap Pak Widodo dalam sambutan singkatnya.

Setelah sesi teori yang berjalan sekitar 1 jam, pada pukul 09.00 Wib seluruh anggota SOS RUCI langsung melakukan praktek, dengan langsung melakukan pengasapan di seluruh blok yang ada di lingkungan Rutan Klas I Cipinang. Dengan pengawalan dari Petugas KAM, berkoordinasi dengan Petugas Paste dan Pengurus masing-masing blok, serta diawasi langsung oleh dr. Yulius, tim SOS RUCI yang dibagi dalam 3 regu bertugas secara bergantian mengoperasikan peralatan fogging di setiap blok.

Kegiatan fogging diadakan menyeluruh di setiap blok, yaitu dimulai dari Blok Amazon, Blok Isolasi, Blok Barito, dan istirahat sejenak untuk sholat Jumat pukul 11.30 Wib. Kemudian, setelah makan siang, pukul 13.30 Wib anggota SOS RUCI sudah bersiap kembali untuk melakukan lanjutan pengasapan di Blok Citarum, Blok Saharjo, Area Workshop Bimgiat, Vihara, Gereja, Masjid, Area Dapur, seputar lapangan dan Gazebo, dan diakhiri di Ruang Kunjungan, tepat pukul 16.40 Wib.

Di akhir kegiatan, dalam pengarahannya pada anggota SOS RUCI – di ruang kunjungan, pukul 16.45 Wib – dr. Yulius menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas pelaksanaan kegiatan yang berjalan lancar dan sukses, pada semua pihak yang telah mendukung, baik petugas, pengurus blok, SOS RUCI, dan juga Mutiara Fogging. “Ini langkah yang bagus, dan akan kita jadikan kegiatan rutin SOS RUCI setidaknya tiap 3 bulan sekali. Apalagi SOS RUCI sudah bisa menjawab tantangan dengan bisa mengerjakan secara mandiri kegiatan fogging di lingkungan Rutan Klas I Cipinang,” ucap dr. Yulius di akhir arahannya.


***


Foto-foto kegiatan Fogging:
























About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.