Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Berita

SOS RUCI Berperan Serta di Kegiatan Orientasi Dasar CPNS

Sebagai unit bantuan layanan medis di bawah naungan Klinik Pratama Rumah Tahanan Negara Klas I Cipinang, SOS RUCI sedapat mungkin selalu ikut berperan aktif dalam setiap kegiatan di lingkungan Rutan Klas I Cipinang yang melibatkan Klinik Pratama, khususnya dalam bantuan dan layanan kesehatan di lapangan.

Tak terkecuali dalam kegiatan hari ke-2 Orientasi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta, yang dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Januari 2018 di Rutan Klas I Cipinang.

Dalam kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 Wib tersebut, SOS RUCI diperbantukan sebagai tenaga kesehatan lapangan untuk membantu petugas medis dan paramedis Klinik Pratama – dipimpin langsung oleh dr. Yulius N. Sumarli – yang bertindak sebagai Tim Kesehatan di kepanitiaan.

Tugas utama SOS RUCI adalah bersiaga untuk antisipasi memberikan tindakan pertolongan pertama jika ada peserta orientasi yang berjumlah 436 orang tersebut ada sakit atau pingsan saat mengikuti kegiatan lapangan. Karena kegiatan yang dipusatkan di lapangan dan gazebo Rutan Klas I Cipinang ini meliputi materi Dinamika Kelompok, Olahraga dan Latihan Baris-berbaris.

Dalam acara yang berlangsung sehari penuh, SOS RUCI menurunkan seluruh anggotanya, yang berjumlah 22 orang dan terbagi dalam 3 regu. Masing-masing regu menempati posisi strategis, yaitu di depan Blok Citarum, di depan Blok Amazon, dan juga di Ruang Kunjungan. Tujuannya, agar secara cepat bisa sampai pada lokasi peserta orientasi, jika sewaktu-waktu ada peserta yang sakit, pingsan ataupun memerlukan pertolongan.

Sampai pada sesi terakhir Orientasi CPNS Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta – yang diisi dengan pembekalan dan arahan dari Bapak Arpan, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil kemenkumham DKI Jakarta – SOS RUCI tetap siaga dan stand by di posisi masing-masing. Acara orientasi ditutup tepat pukul 15.00 Wib.

Sebagai tambahan informasi, seperti dirilis kemenkumham.go.id, selain mengambil tempat di Rutan Klas I Cipinang, orientasi hari ke-2 yang diikuti 1.310 CPNS Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta ini juga dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang dan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Jakarta.


***

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.