Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

Pengobatan Gratis untuk Warga Binaan dari IDI Jakarta Timur

Untuk kali kedua – dalam rentang enam bulan terakhir – Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Timur kembali mengadakan Bakti Sosial di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas I Cipinang, dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia ke-109 dan Bulan Bakti Pemasyarakatan tahun 2017, pada hari Rabu, 24 Mei 2017. Bakti sosial berupa pengobatan gratis bagi dan skrining gejala TB bagi 500 warga binaan Rutan Klas I Cipinang, dengan mengerahkan 20 orang tenaga medis dan paramedis.


Kegiatan yang bertema “Dalam meningkatkan peranserta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jakarta Timur, mari kita bangun kepedulian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan” ini mengambil tempat di Gazebo Rutan Klas I Cipinang, dibuka langsung oleh Bapak Asep Sutandar, Kepala Rutan Klas I Cipinang, pukul 09.00 Wib.

Dalam sambutannya, di depan para undangan yang hadir – para pejabat struktural di lingkungan Rutan Klas I Cipinang, tim medis dan paramedis IDI Jakarta Timur, tim medis dan paramedis Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang, warga binaan pemasyarakatan peserta pengobatan gratis dan tim relawan kesehatan SOS RUCI – Karutan Klas I Cipinang memaparkan pentingnya kegiatan sosial seperti pengobatan gratis ini. “Dalam kondisi Rutan yang over kapasitas, masalah kesehatan menjadi hal yang rentan bagi warga binaan. Apalagi dengan terbatasnya pelayanan kesehatan dan tenaga medis yang ada. Untuk itu kami sangat berterima kasih kepada IDI Jakarta Timur, yang telah peduli terhadap kesehatan di Rutan ini.”

Lebih lanjut Karutan menekankan bahwa bakti sosial yang dikaitkan dengan peringatan Hari Bakti Dokter Indonesia dan Hari Bakti pemasyarakatan ini merupakan cerminan sebuah bangsa yang bersatu. Dan, di akhir sambutannya, Karutan berharap kegiatan bakti sosial di Rutan Klas I Cipinang bisa menjadi agenda rutin. “Kalau selama ini diadakan dalam rentang waktu enam bulan sekali, untuk berikutnya kalau bisa diadakan dalam rentang waktu yang lebih pendek lagi dan dengan stok obat yang lebih banyak,” harap Pak Asep Sutandar.

Sementara itu, dr. Edeng Rachmat – sebagai wakil dari IDI Jakarta Timur – dalam sambutan di awal acara mengungkapkan rasa gembira atas kembali terlaksananya bakti sosial di lingkungan Rutan Klas I Cipinang. “Terima kasih kami telah diberi kesempatan untuk yang kedua kalinya hadir di Rutan Cipinang, untuk mengadakan bakti sosial dalam rangka Hari Bakti Dokter Indonesia yang ke 109. Ini merupakan bagian dari kepedulian kami terhadap pola hidup bermasyarakat yang sehat.” Dan, lanjut dr. Edeng, “Yang membuat kami sangat senang dan bangga, adalah sambutan yang luar biasa di Rutan ini atas setiap kegiatan peduli warga yang kami adakan.”

Sedang sambutan dari Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes) Kemenkumham RI – yang diwakili oleh dr. Yulius N. Sumarli – lebih menitik beratkan pada masalah kesehatan yang ada di lingkungan Rutan. “Bicara kesehatan di Rutan merupakan hal yang sulit, karena menyangkut berbagai komponen yang saling berkaitan, seperti tempat yang layak, makanan sehat, dan juga penyakit yang selalu ada. Semua itu adalah bagian dari tanggung jawab kami. Dan kami sangat berterima kasih kalau Ikatan Dokter Indonesia memberi dukungan dan perhatian pada lingkungan kesehatan di Rutan Cipinang ini, melalui kegitan sosial berupa pengobatan gratis pada warga binaan seperti hari ini.”

Dalam pelaksanaan pengobatan gratis yang berlangsung dengan tertib dan lancar – dibantu oleh tim relawan kesehatan SOS RUCI Rutan Klas I Cipinang – sampai pukul 15.00 Wib saat kegiatan usai, warga binaan yang diberikan pengobatan oleh tim dokter dari IDI Jakarta Timur adalah sejumlah 555 orang, melampaui dari target yang ditetapkan yaitu 500 warga binaan.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 jam tersebut diakhiri dengan penyerahkan sumbangan obat-obatan dari IDI Jakarta Timur – yang diwakili oleh dr. Edeng Rachmat – kepada Rutan Klas I Cipinang yang diwakili oleh Kasubsie Administrasi dan Perawatan (Adper), Bapak Pance Daniel, untuk selanjutnya diserahkan pada Klinik Pratama Rutan Klas I Cipinang.


***


 Tim Medis IDI Jakarta Timur berfoto bersama Karutan dan Pejabat Struktural 
di lingkungan Rutan Klas I Cipinang, sebelum acara dimulai.


 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) antri dengan tertib menunggu giliran 
pengobatan gratis dari IDI Jakarta Timur


Suasana di Gazebo Rutan Klas I Cipinang saat pengobatan gratis dilaksanakan.

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.