Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Artikel

Pola Hidup Sehat: Menciptakan Kualitas Hidup Lebih Sehat

Ketika hampir seluruh penduduk bumi menyadari terjadinya pemanasan global yang berefek  buruk bagi kesehatan dalam beberapa dekade ini, maka mulai muncul pula berbagai cara menjaga kesehatan, untuk menghindari efek negatif dari pemanasan global tersebut. Salah satunya, upaya untuk mulai mengatur pola hidup sehat. Sebuah kehidupan dengan pola atau gaya yang lebih fokus kepada hal-hal kesehatan, baik itu makanan, perilaku, bahkan gaya hidup, yang sangat berpengaruh kepada kesehatan untuk menuju hidup yang sehat jasmani maupun rohani.

Secara keilmuan, pengertian pola hidup sehat sendiri adalah upaya untuk memberdayakan anggota keluarga sebagai satuan terkecil dari lingkungan, agar sadar, mau, serta mampu melakukan perilaku hidup sehat (Suratno & Rismiati, 2001). Sedangkan menurut Kotler (2002), pola hidup sehat adalah gambaran dari aktivitas atau kegiatan seseorang yang di dukung oleh keinginan dan minat, serta bagaimana pikiran seseorang dalam menjalaninya dan berinteraksi dengan lingkungannya.

Dari pengertian tersebut, secara implisit tergambar bahwa gaya hidup adalah penopang pola hidup sehat. Karena dengan menjalani gaya hidup yang sehat, maka pola hidup sehat pun akan secara otomatis sudah termasuk didalamnya. Artinya, ketika kita menjalani gaya hidup yang ‘negatif’ – seperti kebiasaan minum minuman keras, merokok setiap saat, terlalu banyak mengkonsumsi obat kimia, pecandu narkoba, atau keluar malam setiap hari – maka secara tidak langsung kita sudah menjalani pola hidup tidak sehat, dan tentu sangat berpengaruh pada kesehatan. Begitulah, gaya hidup dan pola hidup sehat, saling berkaitan erat.

Sebenarnya, untuk menjalani pola hidup sehat yang benar, tidaklah susah akan tetapi juga tidak gampang. Karena setiap individu mempunyai kondisi dan daya tahaun tubuh serta lingkungan yang berbeda-beda. Namun, agar bisa menjalani pola hidup yang sehat, modal utamanya harus mempunyai niat yang kuat. Selain niat yang kuat, yang juga harus dimiliki  kemauan yang kuat pula. Dengan adanya niat dan kemauan, maka akan tercipta kemampuan untuk bisa menjalani pola hidup yang sehat.

Memang, banyak cara untuk bisa menjalani pola hidup sehat yang benar. Mulai dari yang sederhana, sampai yang mengacu pada teori dan tinjauan ilmiah. Namun demikian, agar Anda juga bisa menjalankan pola hidup sehat tersebut, Tim sosruci.com telah merangkum dari berbagai sumber tentang cara dan langkah sederhana untuk pola hidup sehat.

Berikut adalah beberapa cara dan langkah untuk menjalankan pola hidup sehat yang baik dan benar:

·         Berolahraga Secara Rutin
Olahraga merupakan kegiatan yang mudah untuk dilakukan, tetapi juga ada banyak orang yang sering mengabaikannya. Padahal olahraga ini merupakan kegiatan yang bisa menyehatkan tubuh kita. Apabila kita berolahraga secara teratur, maka banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh kita seperti daya tahan tubuh meningkat, bisa menguatkan tulang-tulang, menurunkan lemak pada tubuh, mengurangi stress, menambah kebugaran tubuh dam masih banyak lagi.

·         Menjaga dan Mengatur Pola Makan
Menjaga pola makanan, artinya apa yang kita makan harus memenuhi standart kesehatan. Untuk itu, kita dianjurkan mengetahui tentang makanan yang penting untuk kesehatan tubuh kita. Pada umumnya, banyak orang sering tidak memperhatikan tentang hal ini. Banyak sekali makanan yang bisa membahayakan bagi tubuh. Seperti makanan yang mengandung pengawet, makanan junk food atau makanan cepat saji. Sebaiknya kita bisa mengatur pola makan dan memilih makanan yang menyehatkan.

·         Menciptakan Lingkungan yang Sehat
Apabila ingin menikmati kesehatan yang sesungguhnya, maka kita harus memperhatikan lingkungan sekitar, yang harus kita jaga kebersihan dan keasriannya. Lingkungan yang perlu dijaga adalah, air, tanah, udara, tumbuhan dan lain sebagainya. Apabila kita hidup di lingkungan yang kurang baik, seperti: tempat yang banyak orang perokok, lingkungan yang penuh dengan sampah, atau banyak terkena asap mobil, maka sudah dapat dipastikan akan berpengaruh pada pola hidup sehat kita. Dengan lingkungan yang kuang baik, akan memicu buruknya kesehatan kita.

·         Mengolah Stres Secara Positif
Kebanyakan orang sangat sulit untuk menghindari hal ini. Stres pikiran memang sering kali menyerang tiap orang. Hal ini tentu bisa mempengaruhi kondisi kesehatan, baik secara pikiran (psikis) maupun secara tenaga (fisik). Jika anda sedang memiliki masalah, sebaiknya jangan dipikirkan secara berlarut-larut. Lebih baik dipikirkan dengan akal sehat dan secara santai, jangan dijadikan sebagai beban yang memberatkan diri sendiri.

·         Memperbaiki Hubungan Sosial
Maksudnya, telaah kembali hubungan dengan orang-orang sekitar Anda, arahkan pada hal yang bernilai positif. Seperti, apakah hubungan Anda dengan pasangan berjalan harmonis? Bagaimana hubungan dengan rekan kerja atau atasan? Karena semua ini dapat berdampak kepada kesehatan pikiran, jiwa, dan tentu saja tubuh. Temukan orang-orang dan lingkungan yang dapat mendukung dan membuat Anda merasa nyaman dan bahagia.

·         Menghentikan Kebiasaan Negatif
Ini berhubungan dengan kebiasaan-kebiasaan negatif yang tanpa sadar dijadikan kegiatan rutin. Untuk itu, jika memang Anda sudah terlanjur menjalani, sebaiknya pertimbangkan untuk berhenti merokok atau mengonsumsi minuman keras. Apalagi jika Anda berisiko atau mengidap penyakit diabetes, depresi, artritis, atau sakit jantung.

·         Beristirahat dengan Cukup
Mempunyai aktivitas yang banyak terkadang membuat lupa dan tidak menghiraukan waktu istirahat. Bila kita mempunyai pola tidur yang berantakan, seperti tidur yang terlalu larut malam dan harus bangun pagi-pagi untuk bekerja, tentu akan berefek pada kesehatan. Setidaknya apabila kurang istirahat, dapat menyebabkan kurangnya konsentrasi. Sebaiknya apabila istirahat kerja di siang hari, benar-benar dimanfaatkan untuk istirahat, agar tubuh kembali segar. Selain itu, kita harus bisa menata pola tidur kita dengan baik. Karena tidur tepat waktu dengan waktu yang cukup, juga bisa menyehatkan tubuh kita.

Dari uraian diatas dapat ditarik benang merah, bahwa pola hidup sehat sebaiknya didasari oleh kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh, dan menjauhkan diri dari kebiasaan buruk yang mengundang penyakit. Menjadikan pola hidup sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari dapat mendatangkan manfaat jangka panjang.

Dan sebenarnya masih banyak langkah dan cara untuk menjalani pola hidup sehat, akan tetapi secara garis besar sudah masuk dalam uraian yang dijabarkan diatas. Sekarang, tinggal bagaimana Anda menyikapinya. Apakah semuanya sudah dianggap penting untuk diterapkan pada kebiasaan Anda sehari-hari supaya dapat menjadi rangkaian pola hidup sehat yang anda inginkan, atau masih pilih-pilih mana yang bisa Anda lakukan dan mana yang dianggap tidak perlu.

Yang pasti, untuk menerapkan pola hidup sehat, membutuhkan komitmen yang kuat. Komitmen yang bisa dipegang dan harus dijalankan dari hari ke hari, secara terus menerus, dan dalam waktu yang panjang. Akhirnya, untuk kualitas hidup yang lebih sehat, semoga Anda menjadi bagian dari mereka yang sudah menerapkan pola hidup sehat ini.

(Disarikan dari berbagai sumber)

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.