Informasi dan Aktivitas Kader Kesehatan SOS RUCI Rutan Klas 1 Cipinang, Jakarta

Kegiatan

SOS Tetap Siaga di Malam Pergantian Tahun

Di saat masyarakat menyambut pergantian tahun dengan berbagai aktivitas penuh suka cita bersama keluarga, tak terkecuali dengan warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang ada di Ruman Tahanan Negara (Rutan) Klas I Cipinang, tentu dengan segala bentuk keterbatasan sesuai peraturan yang ada. Sejak sore hari tanggal 31 Desember 2016 misalnya, rumah ibadah – ada 3, masjid, gereja dan vihara – dipenuhi jamaah masing-masing untuk melakukan doa bersama.


Demikian dengan para relawan SOS-RUCI yang juga tetap menjalankan tugas harian tanpa mengenal santai ataupun libur, di penghujung tahun 2016 ini. Setelah Regu A yang berjumlah 6 personil menyelesaikan tugas Piket Blok sore (pukul 14.30 – 17.30 Wib), langsung digantikan oleh Regu B yang melanjutkan tugas Piket Blok malam (pukul 19.00 – 22.00 Wib di lapangan, dilanjutkan pukul 22.00 – 06.00 pagi stand by di kamar SOS-RUCI).

Dalam menjalankan Piket Blok malam, tugas yang diemban regu piket sedikit lebih berat
dibanding Piket Blok pagi ataupun siang/sore. Karena selain harus observasi untuk menemukan dan mendata WBP yang sakit di setiap kamar (Blok), juga melakukan survey batuk, dan juga standby sampai pagi (06.00 wib) untuk mengantisipasi jika ada emergency atau kondisi gawat darurat dari WBP di jam-jam tersebut.

Piket Blok selalu didahului dengan briefing dari Komandan Peleton (Danton) atau langsung dari Komandan Regu (Danru) yang membagi tugas pada masing-masing anggota regu untuk melakukan observasi dan survey batuk pada blok yang ada, yaitu Amazone, Barito, Citarum dan Tipikor. Setelah melakukan observasi, anggota regu melakukan pencatatan terhadap semua temuan dan data yang didapat selama observasi pada buku piket harian blok, dan standby di depan masing-masing blok untuk antisipasi adanya emergency.

Jika sewaktu-waktu ada emergency, anggota SOS-RUCI yang sedang piket akan segera membawa WBP yang sakit ke poliklinik – yang juga sudah standby – untuk mendapat pertolongan dan perawatan dari 5 Tamping Poliklinik dan 1 Paramedis.


Khusus malam tahun baru, evaluasi hasil observasi dan survey dilakukan pukul 22.30 Wib – biasanya pukul 21.30 Wib – di depan Blok Amazone, dan ditarik kembali ke kamar pada pukul 23.00 Wib, untuk selanjutkan melakukan standby sampai pagi hari. 

Pada pukul 06.00 Wib, Regu B menyelesaikan tugas piketnya, dengan laporan tidak ada kejadian atau kondisi gawat darurat (emergency) dari WBP, dan tercatat 41 warga binaan yang mengeluh sakit (gatal-gatal, batuk, pusing dan flue) yang masih dapat ditolerir untuk dibawa ke poliklinik di hari berikutnya.

About SOS RUCI

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.